Perayaan Natal, Keamanan di Jakarta Sangat Kondusif


JAKARTA, MP - Perayaan Natal di ibu kota secara umum berjalan cukup lancar. Tidak ada gangguan secuil pun saat umat kristiani melaksanakan Misa Natalnya di seluruh gereja. Pengamanan yang dilakukan aparat gabungan pun menambah kekhusyukan mereka dalam beribadah.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo bahkan memantau langsung situasi keamanan ibukota tadi malam. Sedikinya ada enam gereja yang dikunjungi bersama jajaran Muspida. Kunjungan ini sekaligus untuk memastikan dan menjamin bahwa perayaan Natal di ibu kota berlangsung aman, damai dan penuh sukacita, sebab secara umum keamanan ibu kota cukup kondusif.

"Kita memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan agar umat kristiani dapat merayakan dengan tenang dan tanpa keragu-raguan," ujar gubernur, di sela-sela kunjungannya ke sejumlah gereja, Kamis (24/12) malam.

Diharapkan dalam perayaan natal kali ini tidak ada lagi oknum-oknum yang hendak mengeksploitasi perbedaan. Fauzi juga berpesan bahwa dengan perayaan Natal dapat meningkatkan saling mengasihi antar umat, khususnya di wilayah Jakarta. "Mari jadikan perayaan natal sebagai contoh kehidupan yang semakin baik menempatkan moral ditempat yang terhormat," pesannya.

Di Jakarta Selatan, sebanyak 2700 aparat gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan unsur masyarakat, melakukan pengamanan di sejumlah gereja. Pengamanan ekstra ketat dilakukan mulai dari Kamis (24/12) kemarin hingga Jumat (25/12) sore ini.

Walikota Jakarta Selatan, Syahrul Effendy, pada Kamis malam meninjau beberapa gereja, saat pelaksanaan Misa Natal. Salah satunya adalah di Gereja Fransiskus Asisi, Mentengdalam, Tebet. "Kami berusaha memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi umat kristiani yang merayakan Natal," ungkap Syahrul Effendi, Kamis (24/12) malam.

Kondusifnya keamanan ibu kota pada perayaan Natal kali ini menunjukkan bahwa kerukunan umat beragama di Jakarta makin terwujud. Ia menyebutkan bahwa Pemkot Jaksel terus berusaha memberikan kenyamanan dan keamanan dalam perayaan Natal tiap tahunnya.

Patugas gabungan yang dikerahkan di lapangan selalu siaga di sejumlah gereja maupun di tempat-tempat rawan. "Hingga saat ini belum ada laporan tindak kerusuhan maupun hal-hal lainnya saat perayaan natal berlangsung," tegasnya. (red/*bj)


0 komentar:

Posting Komentar