Film Fiksi yang menjadi Nyata


Informasi terbaru Film Fiksi yang menjadi Nyata kami sediakan khusus untuk pembaca setia punyannyuh.blogspot.com, semoga informasi Film Fiksi yang menjadi Nyata memberikan pengetahuan lebih untuk kita semua.
Dahulu, para novelis ataupun para seniman berangan-angan denganimajinasi mereka akan teknologi masa depan yang canggih. Namunsekarang, angan-angan mereka telah terpenuhi seiring denganperkembangan zaman, dan mungkin untuk mereka yang masih hidup akanberbicara "Mereka terinspirasi dari karyaku".

1. Internet


Buku William Gibson, Neuromancer, sekaligus mengatur dasar bagi genrecyberpunk serta internet (atau lebih tepatnya, World Wide Web). Dalamdunia dystopian, hampir semua orang dapat mengakses jaringan komputerglobal yang menggunakan antarmuka otak khusus, yang memungkinkan semuaorang di planet ini untuk bertukar informasi dengan cepat. Terdengarakrab?


2. Bom Atom


Tidak sulit untuk membayangkan sebuah ledakan besar, tapi RobertCromie (1856-1907) membayangkan sarana untuk melakukan hal yangakhirnya akan menjadi kenyataan. Dalam The krack of Doom, ia menulistentang senjata yang menggunakan energi atom faktor resikonyamemusnahkan hampir dua kilometer persegi tanah. Lebih dari empat dekadekemudian, Proyek Manhattan berjalan baik.


3. Space Travel (Perjalanan ke luar angkasa)

Meskipun novel tahun 1865 berjudul “From The Earth to The Moon”menceritakan kisah komedi, Jules Verne melakukan beberapa perhitunganyang serius untuk kembali mengangkat kisah tentang tiga orang yangmencoba untuk melakukan perjalanan ke bulan menggunakan meriam.


Beberapa teori-teori dan persamaannya yang akurat ternyatamengejutkan mereka yang melakukan misi Apollo, dan ia bahkan denganbenar meramalkan bahwa bobot akan ada di luar angkasa.


4. Robot (R.U.R. oleh Karel Capek, Metropolis)

Gagasan untuk membangun kehidupan buatan telah ada selama berabad-abad,tetapi istilah “robot” diperkenalkan pertama kali dalam permainan KarelCapek, RUR (Rossum’s Universal Robots).


Namun, untuk melihatnya belum terwujud sampai tahun 1927, filmMetropolis diluncurkan menggambarkan bahwa orang-orang mulai melihatrobot sebagai mesin humanoid yang dapat dikendalikan oleh seorangprogrammer.


5. PDA atau Pocket Komputer

Pada tahun 1974, ketika sebagian besar komputer yang cukup besarmengisi seluruh kamar, Larry Niven membayangkan sebuah versi berukuransaku dalam novelnya ”The Mote in God’s Eye”.


Dikisahkan “komputer saku” banyak digunakan untuk perhitunganmatematis dan mencatat, tapi dengan fungsi-fungsi komunikasi mereka,Niven juga menggambarkannya seperti Blackberry atau iPhone.


6. VCR / DVD Player


Ketika sebagian besar dunia mengagumi penemuan gambar bergerak ditahun 1890-an, HG Wells sudah memikirkan cara untuk membuatnya lebihbaik. Pada satu alur dalam novelnya, seseorang terbangun, kemudianmenemukan sebuah mesin yang tampaknya untuk menyimpan dan memutar filmuntuk hiburan pribadi.


7. Satelit

Edward Everett Hale penulis yang mengeksplorasi ide pertama darisebuah satelit dalam cerita pendek, “The Brick Moon,” terkenal setelahpenulis fiksi ilmiah Arthur C.


Clarke pertama kali mengusulkan satelit sebagai alat untukkomunikasi massal. Dia menulis sebuah artikel pada tahun 1945 yangmenggambarkan perangkat komunikasi yang melayang di orbit untukmemberikan komunikasi global berkecepatan tinggi. Tujuh tahun kemudian,Sputnik diluncurkan.


8. Virus Komputer


Fiksi ilmiah bukan hanya mengilhami penemuan-penemuan yang baik. Ketikapeneliti sengaja menciptakan virus komputer pertama pada tahun 1975,mereka menggambarkannya sebagai “cacing.” Istilah ini diambil darinovel John Brunner, "The Shockwave Rider", di mana “cacing pita” mulaimenginfeksi komputer di seluruh dunia.


9. Taser


Ketika Jack Cover mengembangkan prototipe pertama untuk senapanmematikan, ia terinspirasi dari novel tahun 1911 karya Victor Appletonyang ia baca ketika masih anak-anak “Thomas A. Swift ’s ElectricRifle.”, salah satunya menampilkan sebuah “senapan listrik” yangdigunakan untuk berburu.


10. Software Penerjemah


“Babel Fish” bukan hanya nama acak dari AltaVista yang datangdengan perangkat lunak terjemahan web mereka. Ini sebenarnya merupakangadget dari novel ”The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy”, 1971, yangdapat menerjemahkan bahasa apapun setelah dimasukkan ke dalam telingaseseorang.
Tinggalkan komentar anda tentang Film Fiksi yang menjadi Nyata jika anda suka dengan artikel yang kami suguhkan.

0 komentar:

Posting Komentar