Kebutuhan Balita selain Makanan


Informasi terbaru Kebutuhan Balita selain Makanan kami sediakan khusus untuk pembaca setia punyannyuh.blogspot.com, semoga informasi Kebutuhan Balita selain Makanan memberikan pengetahuan lebih untuk kita semua.
Kebutuhan si kecil tidak hanya masalah makanan walaupun ini memang iniyang terpenting. Dari hasil penelitian ada 8 kebutuhan utama lain yangdiinginkan oleh bayi dalam masa pertumbuhannya.Penelitianterbaru menunjukkan bahwa apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh bayidalam masa pertumbuhannya adalah cinta, perhatian dan perawatandasarnya. Seperti dikutip dari Babycenter, ada 8 langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu pertumbuhan si kecil, yaitu:

1. Tunjukkan cinta Anda Anak-anakmembutuhkan cinta, karenanya kepedulian dan dukungan emosional dariorangtua bisa memberikan anak rasa aman untuk menjelajahi dunia ini. Sebuahbukti ilmiah menunjukkan bahwa cinta, perhatian dan kasih sayang padatahun-tahun pertama kehidupan si kecil bisa berdampak langsung terhadappertumbuhan fisik, mental dan emosional anak. Marian Diamond,seorang ahli saraf dari University of California menuturkan cinta dansentuhan bisa membuat otak anak tumbuh. Caranya bisa dengan memberikanpelukan, sentuhan, ciuman, senyum, mendengarkan dan bermain dengan sikecil kapan pun, sehingga membantu membangun kepercayaan dan ikatanemosional yang kuat.

2. Memberikan perawatan kebutuhan dasar anak Kebutuhandasar ini mencakup pemeriksaan kesehatan secara teratur, memberikanimunisasi sesuai waktunya, memberikan waktu tidur yang cukup (karenatidur yang baik dapat mambentuk sel-sel otak bayi membuat koneksi yangpenting), serta memberikan ASI untuk buah hati. ASI akanmemberikan semua kebutuhkan nutrisi si kecil dan mencegah berbagaimasalah kesehatan serta meningkatkan kecerdasan anak.

3. Berbicaralah dengan anak Studimenunjukkan anak-anak yang sering diajak berbicara oleh orangtuanyaakan memiliki IQ yang secara signifikan lebih tinggi dan kosakata yanglebih kaya karena mendapatkan banyak rangsangan verbal. Nantinyaanak akan mengembangkan keterampilan berbahasa yang baik, untuk ituberbicaralah dengan bahasa yang benar dan baik pada anak.

4. Mengajak anak membaca
Membacadengan suara keras pada anak bisa membantu mengembangkan kosakata,merangsang imajinasi dan meningkatkan keterampilan membacanya. Bayiyang baru lahir akan sangat menikmati saat mendengarkan sebuah cerita,dan juga dapat menguatkan ikatan emosional.

5. Menstimulasi semua inderanya
Studimenunjukkan anak-anak yang tumbuh dalam lingkungan yang mana melibatkaninderanya, memiliki otak yang lebih besar dan lebih aktif. Berikananak mainan berbagai bentuk tekstur, warna, suara dan sentuhan. Tapisebaiknya tidak membombardir anak terus menerus, cobalah memberikansecara bertahap hingga anak mengerti. Selain itu berikan anaklagu dan musik favoritnya serta ruang yang aman untuk anakmengembangkan otot-ototnya, keseimbangan dan koordinasi. Jauhkanbenda-benda berbahaya dari jangkauan bayi, serta tidak terlalu seringmelarang anak.

6. Mendorong anak terhadap tantangan baru Misalnyaketika anak sulit membuka sebuah kotak, maka biarkan ia mencobanyaterlebih dahulu. Jika ia terus berjuang dan tidak berhasil, tunjukkancaranya. Lalu tutuplah kembali kotak tersebut dan biarkan anakmencobanya lagi sendiri.

7. Orangtua perlu menjaga dirinya sendiri Orangtuayang mengalami depresi atau sedang marah cenderung sering tidak mampumerespons dengan cepat dan sensitif terhadap kebutuhan anak. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Child Development and Psychopathology menemukan anak dengan ibu yang depresi kronis memiliki pola abnormal dalam aktivitas otaknya dan ikut depresi juga. Jikamerasa lelah, mintalah bantuan suami, keluarga atau dukungan dariorang-orang sekitar. Serta jangan lupa untuk meluangkan waktu bagi Andasendiri agar bisa mengembalikan energi.

8. Carilah pengasuh yang baik Jikaorangtua bekerja dan tidak mampu merawat bayinya di siang hari, carilahpengasuh yang baik, berkualitas dan mengerti tentang perkembangan bayiyang sehat. Memilih keluarga atau orang terdekat bisa menjadi pilihanpertama sebelum menggunakan jasa pengasuh (babysitter).
Tinggalkan komentar anda tentang Kebutuhan Balita selain Makanan jika anda suka dengan artikel yang kami suguhkan.

0 komentar:

Posting Komentar