Mengenali kecerdasan


Informasi terbaru Mengenali kecerdasan kami sediakan khusus untuk pembaca setia punyannyuh.blogspot.com, semoga informasi Mengenali kecerdasan memberikan pengetahuan lebih untuk kita semua.
Menurut Profesor Howard Gardner dari Harvard University, diluar sana setidaknya terdapat 10, bahkan lebih jenis kecerdasan (karena teori kecerdasan akan terus berkembang). Nah anda kecerdasan yang mana?

1.Kecerdasan Linguistik.
Jika anda merasa asik dengan kegiatan menulis, membaca, menyimak dan berbicara, dan anda melakukannya dengan santai. Anda menyukai menghafal informasi dan menambah kosakata, anda juga adalah jago bercerita.

2.Kecerdasan Musikal
Anda bisa mendeteksi ritme, pola dan tempo pada hal-hal yang tampaknya tidak memiliki faktor-faktor tersebut -seperti kicau burung, suara jengkerik- Anda bisa mendengar nada dan titi nada, dan mungkin anda punya bakat dalam memainkan satu alat musik atau lebih. Anda menyukai banyak jenis aliran musik

3. Kecerdasan Logika Matematika
Anda secara naluriah meletakkan segala sesuatu di tempatnya dan mampu memahami penjumlahan -seringkali di luar kepala. Angka dan rumus matematika adalah hal sepele bagi anda, anda suka sekali permainan yang menantang otak, permainan logika, game, dan komputer.

4. Kecerdasan Visual-Spasial
Anda langsung tahu jika ada bangunan atau lukisan, atau orang yang kurang simetris. Jika anda atlet anda bisa menentukan dengan hampir sempurna berapa derajat yang dibutuhkan untuk mencetak angka untuk masuk ke gawang atau ring basket. Anda bisa secara imaginer memutarbalikkan bentuk-bentuk rumit, dan anda bisa menggambar apapun yang anda lihat. Anda jago membongkar dan merangkaikan kembali barang-barang dan anda, juga gila dengan yang namanya game!!

5. Kecerdasan Tubuh Kinestetik
Anda ahli menangangi dan memanipulasi objek, dan anda mampu menggerakkan tubuh dengan anggun dan santai. Anda suka sekali melatih tubuh hingga mencapai kondisi terbaik, dan anda mungkin bisa menirukan rang lain dengan sempurna. Anda mungkin berbakat dalam satu jenis kerjainan tangan atau lebih -memahat,menjahit, menenun, dll.

6. Kecerdasan Interpersonal
Anda bisa memahami orang lain dengan mudah, mengetahui suasana hati dan perasaan mereka. Anda seorang pemimpin alami dan mediator handal. Anda bisa menghentikan pertengkaran antara dua teman anda dan masih bisa menjalin hubungan baik dengan keduanya

7. Kecerdasan Intrapersonal
Anda paham benar tentang diri anda sendiri. Anda amat mengerti akan perasaan, mimpi dan ide yang anda miliki, dan anda setia pada sasaran hidup anda. Anda suka menulis jurnal/ buku harian/ blog.

8. Kecerdasan Naturalis
Anda merasakan adanya kaitan yang mendalam antara jagat raya dan penghuninya -tumbuhan dan binatang. Anda suka meneiliti dan mengamati dunia luar. Anda berbakat dalam berkebun dan memasak

9. Kecerdasan Eksistensial
Anda suka sekali dan memiliki bakat bergulat dengan pertanyaan-pertanyaan sulit. Seperti hakikat hidup, hakikat mati, siapa kita sebenarnya, kenapa kita hadir di dunia ini, dan kenapa dunia ini tercipta. Hmm saya dulu di kuliah, semua kuliah filsafat saya dapat nilai A. 

10. Kecerdasan Spiritual
Anda amat sensitif dan memiliki minat pada hal-hal yang bersifat spiritual dan religius. Mungkin juga anda pernah mengalami pengembaraan spiritual dan pencerahan. Atau bentuk lain yaitu anda bisa merasakan kehadiran “makhluk lain”.

Kecerdasan-kecerdasan diatas jika diketahui akan bermanfaat untuk anda, jika lebih diasah lagi akan membuat anda lebih maksimal, bahkan meningkatkan kepuasan hidup. 

Sumber: The Gifted Survival Guide Oleh Juy Galbraith dan ji Delisle, 1996
Tinggalkan komentar anda tentang Mengenali kecerdasan jika anda suka dengan artikel yang kami suguhkan.

0 komentar:

Posting Komentar