Alam Kita


Informasi terbaru Alam Kita kami sediakan khusus untuk pembaca setia punyannyuh.blogspot.com, semoga informasi Alam Kita memberikan pengetahuan lebih untuk kita semua.

Hutan

Bismillahirrahmanirrahim,
                                                                                               Kepada yang terhormat Kutub Selatan,insya Allah. Assalamu 'Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah, insya Allah, berikut ini artikel berjudul : Hutan.
       
Apabila kita pergi ke suatu pegunungan dan di tempat itu banyak tanamanberbagai jenis sudah barang tentu perasaan kita nyaman. Hal ini ibaratkepala kita yang alangkah indahnya bila ditumbuhi rambut hitam nanlebat. Hutan sangat banyak manfaatnya, dari dulu, kini dan akan datang.Di hutan lebat kita dapat mengambil madu Lebah, buah-buahan, berbagaijenis kayu dan lain sebagainya. Olehnya itu hutan haruslah kitalestarikan keberadaanya supaya hasil yang kita peroleh darinyaberkesinambungan terus-menerus hingga "tujuh turunan".

    Jikalau kita gagal menjaga dan memelihara hutan maka akan timbulberbagai macam masalah serius antara lain longsor, banjir, berkurangnyaair tawar di perut Bumi dan lain-lain. Pendek kata, semakin kuranghutan di permukaan Bumi ini maka semakin banyak hal-hal yang membuathidup kita jauh dari kenyamanan.

    Hutan sangat penting keberadaaanya bagi pertanian, perkebunan danpeternakan. Sebagaimana kita ketahui, pengairan di persawahan itu tentusaja berasal dari sungai dan sungai hulunya pastilah di pinggiranhutan. Begitu pula dengan perkebunan, pengelola kebun biasanyamengambil air siram dari anak sungai, dan dari perut Bumi. Sedangkanpakan ternak alami diambil dari hutan, sawah dan kebun.
 

Kita tahu, saat ini Bumi kian hari makin berkurang hutannya.Beberapa penyebabnya ialah, kebakaran hutan, penebangan liar, danpeladang berpindah tidak beraturan serta lainnya. Kebakaran hutan dapatditanggulangi sedini mungkin sekiranya prasarana dan sarana sertapersonil pemadam kebakaran memadai dan solid. Akan halnya penebanganliar, itu dapat dengan mudah dicegah dan ditumpas kalau saja polisihutan, militer dan masyarakat umum serius dan bersungguh-sungguhmelindungi hutan. Adapun mengenai peladang berpindah tidak beraturan,seyogyangya pihak dinas kehutanan dan perkebunan memberi penerangankhusus kepada mereka perihal bahaya kebakaran hutan misalnya.

     Kata orang, hutan adalah paru-paru dunia. Dimana hutan berfungsisebagi pengsuplay udara bersih (oxigen), sembari menyerap gas berbahayayaitu carbon dioksida. Dengan demikian ini hutan sangat berperan besardalam sehat tidaknya udara yang dihirup oleh hidung masyarakat dunia.Makin banyak hutan, hutan rimba dan hutan kota, maka kian banyak pulaudara  bersih, dan semakin sedikit gas berbahaya yang terdapat di alambebas.

      Salah satu cara melestarikan hutan ialah reboisasi.Reboisasi yang baik yakni reboisasi yang merujuk pada keadaan tanamanalamiah setempat dan, tidak lupa, bebas korupsi. Sangat sulit melakukanreboisasi total manakala dananya di sunat sana sini. Tidak sedikitreboisasi gagal lantaran tanaman yang ditanam tidak sesuai dengankeadaan tumbuhan alami setempat, dan "kehabisan dana"
Kerugian akibat adanya longsor dan banjir, baik itu korbannyawa maupun materi sungguh sangat besar. Dari tahun ke tahun dewasaini "musibah" akibat perbuatan tangan-tangan manusia yang tolol dantidak bertanggungjawab, yang berkaitan dengan rusaknya hutan itu,semakin parah. Oleh karena hal ini maka, dengan bersungguh-sungguh dansecara profesional, marilah kita menjaga kelestarian hutan yang adadan, insya Allah, merehabilitasi yang rusak dan gundul.

     Akhir artikel ini, planet Bumi terasa nyaman dihuni kalau saja, antaralain, suhu permukaannnya normal panasnya, dalam pengertian tidak terasasangat panas suhunya. Normal atau tidak suhu permukaan planet Bumiberbanding lurus dengan lebat dan banyaknya hutan di tempat hunian kitaini. Hutan yang lebat dan banyak, tentu saja, adalah salah satupersyaratan untuk hidup nyaman. Sebagai orang yang sadar sepenuhnyamengenai fungsi dan manfaat hutan secara keseluruhan maka, insya Allah,marilah kita menjaga dan memeliharanya demi kepentingan dankemaslahatan hidup kita bersama.

Wassalam,hambaAllah.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         & nbsp;                               halaman III(habis)                                               
***Maaf, nama dan alamat penulis rahasia untuk sementara, insya Allah.                                                   

Tambahan : insya Allah, di Kutub Selatan sebetulnya sangat betul menanam pohon Pinus hutan yang berumur 35 hari (bibit).
Bibit pohon Pinus hutan itu banyak di Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Propinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia, Asia Tenggara.
Waktu tanam  : pukul 17.00 waktu setempat hingga pukul 18.00 waktu setempat (berlaku untuk seluruh dunia).
Waktu siram   : pukul 05.00, dan 17.00 waktusetempat hingga pukul 06.00, dan 18.00 waktu setempat, selama 2,5 tahun sampai 3 tahun (berlaku untuk seluruh dunia).
Jarak tanam  : 7 meter (berlaku untuk seluruh dunia).  
***Perbandingan air siram di Kutub Selatan dan Tinggi Moncong : 2 banding 1. Amin.



Danau

Danau ada dua macam, yaitu danau air tawar dan air  asin. Danau adalah  kumpulan air pada suatu  tempat  yang cukup besar  dan dalam. Di danau orang bisa mendapatkan ikan, udang dan kepiting  serta hewan airlainnya. Danau terdapat di setiap negara di planet  Bumi ini. Danau, tawar dan asin, warnanya terlihat biru, seperti halnya laut. Danau ada yang berukuran besar, sedang dankecil. Danau air asin di  negara bersalju air permukaannya mengeras diwaktu musim gugur,  begitu pula dengan danau air tawar, air permukaannya membeku.

          Kita, manusia, tentunya sangat senang melihat danau bersih yang dipinggir pinggirnya  ada pepohonan rimbun dan sesekali terdengar bunyi burung yang sedang terbang dan yang hinggap di sekelilingnya.Tentu saja, insya Allah, kita haruslah merawat danau dari apa saja yang bisa membuatnya kotor dan berbau tak sedap, agar kita betul-betul  merasakan dan menikmati keadaan alami danau dan disekitarnya!
Samudera Laut

Lautbiru terhampar sejauh air laut terdapat di permukaan Bumi. Lautberombak-ombak terkadang besar, tidak jarang beriak-riak, dan biasanyadatar-datar saja. Laut dalam dan dangkal masing-masing punya fungsi danguna di dalam kehidupan kita ini. Ikan, lumut, terumbu karang danfitoplanton serta isi laut lainnya saling bergantung satu sama lainnya.Manusia, hewan dan tumbuhan banyak mengambil manfaat dari laut, airasin yang ada di setiap planet berpenghuni. Kapal, perahu dan rakithilir mudik  mengarungi samudra laut yang biru itu, siang malam, tiadahenti sejalan dengan denyut ombak di laut. Kita haruslah senatiasamenjaga dan memelihara kelestarian lingkungan laut dan biota laut, demikepentingan kita kini dan masa depan. Laut, kita tahu, adalah salahsatu urat nadi kelangsungan kehidupan yang nyaman dan sejahtera maka,insya Allah, marilah mencegahnya dari apa saja yang dapat merusak danmenghancurkannya! Amin.
Sungai Kita
Air bersih sangat dibutuhkan oleh manusia, hewan dan tumbuhan. Air ialahsalah satu zat ciptaan Allah,  Tuhan Yang Mahaesa, yang perlu danpenting dalam kehidupan kita ini. Salah satu tempat  orang mengambilair yang bersih, layak minum, makan, mandi dan cuci serta lainnya yaitupada sumur-sumur kecil di pinggir  sungai.  Setiap negara di planetBumi ini mempunyai sungai,  baik yang besar dan atau yang kecil. Kitasebagai  manusia  yang berakal dan berbudi luhur  mestilah berpandaidiri  di dalam apa saja yang berkaitan  langsung  dan  tidak langsungdengan sungai. Kita, tentunya, menyadari betapa perlu dan pentingnyakeberadaan sungai sehingga,  insya Allah, air yang mengalir lalubermuara di laut atau di danau ini, haruslah senantiasa bebas dariberbagai macam pencemaran. Kita, insya Allah, akan merasa senangbilamana mendapati sumur-sumur kecil dipinggiran sungai itu masih layakdikomsumsi!

Wassalam, hamba Allah. (Alhamdulillah, cukup sekian)

Tinggalkan komentar anda tentang Alam Kita jika anda suka dengan artikel yang kami suguhkan.

0 komentar:

Posting Komentar