Keutamaan Shalat Shubuh


Informasi terbaru Keutamaan Shalat Shubuh kami sediakan khusus untuk pembaca setia punyannyuh.blogspot.com, semoga informasi Keutamaan Shalat Shubuh memberikan pengetahuan lebih untuk kita semua.
Ikhwahfillah, sudah terlalu banyak tulisan dan ceramah agama yangmenjelaskan tentang keutamaan shalat berjamaah, baik di media cetak,media massa atau mimbar-mimbar masjid. Tetapi mengkaji ilmu Allah yangmaha luas tidak cukup hanya sekali dua kali, sudah menjadi fitrahmanusia untuk lupa terhadap sesuatu, meski sudah sering didengar. Makadari itu kita mesti saling mengingatkan kepada sesama saudara.

Perintah Melaksanakan Shalat Subuh
Beberapa ayat dan hadits yang berkaitan dengan perintah melaksanakan shalat subuh:

1.Al Israa ayat 78; Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincirsampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnyashalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat). (QS. Al Israa : 78)

2.Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim Dan dari Abu Hurairah r.a. berkata :Rasulullah saw bersabda : Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orangmunafik daripada shalat shubuh dan isya, dan andaikan mereka mengetahuipahalanya tentu mereka akan medatanginya meskipun denganmerangkak-rangkak.(HR. Bukhari, Muslim)

3. Hadits RiwayatMuslim dan Tarmidzi Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang shalatIsya dengan berjamaah maka seakan-akan ia mengerjakan shalat setengahmalam, dan barangsiapa yang mengerjakan shalat shubuh berjama'ah makaseolah-olah ia mengerjakan shalat semalam penuh. (HR. Muslim danTurmudzi dari Utsman RA).

4. Hadits Riwayat Bukhari"Barang siapa yang solat dua waktu yang dingin, maka akan masuksyurga." (Hadis riwayat Bukhari). 5. Hadits Riwayat Bukhari dan MuslimRasulullah SAW bersabda yang bermaksud: "Kami sedang duduk bersamaRasulullah SAW, ketika melihat bulan purnama. Baginda berkata, "Sungguhkamu akan melihat Rabb (Allah), sebagaimana kamu melihat bulan yangtidak terhalang dalam memandangnya. Apabila kamu mampu, janganlah kamumenyerah dalam melakukan solat sebelum terbit matahari dan solatsebelum terbenam matahari. Maka lakukanlah." (Hadis riwayat Bukhari danMuslim)

Keutamaan Shalat Subuh
Sholat subuh merupakanibadah yang bagi sebagian orang terasa berat untuk dilakukan di awalwaktu. Mereka terbuai oleh nikmatnya tidur. Sadar atau tidak sadarrutinitas kehidupan manusia menjadi siklus kantuk, tidur, bangun, danberaktivitas.

Sebuah sunnatullah yang telah dilekatkanpada penciptaan manusia. ''Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat. ''(QS An-Naba' [78]: 9).

Adzan untuk panggilan sholat Subuhagak berbeda. Ada tambahan ucapan ashsholatu khoirumminan naum sebanyakdua kali yang artinya sholat lebih baik daripada tidur. Ini menandakanbetapa istimewanya shalat pada waktu ini. Seorang Muslim bila dibiarkanbegitu saja (tertidur), akan memilih untuk merehatkan dirinya sampaiterjaga hingga terbit matahari dan meninggalkan solat Subuh, ataumengerjakan sholat Subuh tidak pada waktunya yang benar.  Salahsatu keutamaan shubuh adalah Rasulullah SAW mendoakan umatnya yangbergegas dalam melaksanakan solat Subuh, sebagaimana sebutkan dalamhadist: "Ya Allah, berkatilah umatku selama mereka suka bangun subuh(yaitu mengerjakannya)." (Hadis riwayat Tarmidzi, Abu Daud, Ahmad danIbnu Majah).  Bahkan, Allah Azza WaJalla berfirman: "Danbersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannyadi pagi dan senja hari dengan mengharap keredaan-Nya, dan janganlahkedua matamu berpaling daripada mereka kerana mengharapkan perhiasanduniawi, dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya sudah Kamilalaikan daripada mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya danadalah keadaannya itu melampaui batas." (Surah al-Kahfi, ayat 28)

Keutamaansolat Shubuh diberikan ganjaran pahala melebihi keindahan dunia danseisinya, sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam at-Termizi:"Dari Aisyah telah bersabda Rasulullah SAW, dua rakaat solat Fajarpahalanya lebih indah daripada dunia dan seisinya."  Begitulahkeistimewaan solat Subuh. Apakah yang menghalang kita untuk menyingkapselimut dan mengakhiri tidur untuk melakukan solat Subuh?

Shalat Subuh Bagi Kesehatan Manusia
Sejaklama banyak orang yang mempertanyakan kenapa kita diharuskan bangunpada pagi buta untuk melaksakan shalat subuh. Selain untuk melaksanakankewajiban sebagai hamba yang beriman, adakah manfaat lain yang bisadiambil oleh manusia. Ketika Allah menurunkan sebuah perintah akansesuatu, kadang kita memang tidak mengerti manfaat dibalik itu semua,hingga kita mencarinya sendiri. Sebab ilmu pengetahuan manusia tidakdapat mencapai hakikat penciptaan Allah seluruhnya.

Halini pun dibarengi oleh penelitian dari banyak ilmuwan mengenaikesehatan, meski tidak secara langsung meneliti tentang shalat subuhtetapi sebagian besar penelitian mengenai kesehatan manusia tersebutakan bisa diambil kesimpulan akhir terhadap orang yang melakukanaktivitas shalat pada umumnya, mulai dari wudhu, bacaan, hinggagerakan. Berbagai jawaban dari semua disiplin ilmu tentunya akan banyakdijumpai dan membedah serta memberikan jawaban akan manfaat shalatsubuh itu. Dikemukakan data bahwa shalat subuh bermanfaat karena dapatmengurangi kecenderungan terjadinya gangguan kardiovaskular. Pada studiMILIS, studi GISSI 2 dan studi-studi lain di luar negeri, yangdipercaya sebagai suatu penelitian yang shahih maka dikatakan puncakterjadinya serangan jantung sebagian besar dimulai pada jam 6 pagisampai jam 12 siang. (Hikmah Sholat Subuh Bagi Kesehatan Jantung,gealgeol.com)

Keilmuan modern telah mengukuhkan tentangkeberadaan gas O3 (ozon), yang mengandung prosentase oksigen yangtinggi dan dapat mencapai puncak reaksinya pada waktu shalat Subuh,lalu berkurang secara bertahap hingga terbit matahari.  Sebenarnya,fakta ini tidak membutuhkan suatu penemuan ataupun pengokohan, karenaAnda sendiri bisa mudah mengamati kebersihan dan kesegaran udara padawaktu shalat Subuh dibandingkan dengan waktu siang hari.  Udarapada waktu Subuh masih bersih dan belum tercemari kebersihan dankesegarannya dengan apapun. Udara ini dapat menyegarkan hati,menguatkan paru-paru, memperbarui sel-sel yang mati, menyuplai tubuhdengan oksigen, mengeluarkan karbon dioksida, membersihkan darah darikotoran-kotoran, memperbaiki kinerja organ-organ tubuh, merenggangkanurat-urat syaraf, menyembuhkan berbagai penyakit syaraf, rheumatik, danasma.

Penutup
Mudah-mudahan mulai saat ini kita tidaklagi memandang sholat sebagai perintahNya akan tetapi memandangnyasebagai kebutuhan kita. Sehingga tidak merasa berat dan terpaksa dalammenjalankan ibadah dan selalu shalat subuh didahului dengan shalatsunnah dan kalau dapat jalan ke mesjid.[gvb/facebookers]
Tinggalkan komentar anda tentang Keutamaan Shalat Shubuh jika anda suka dengan artikel yang kami suguhkan.

0 komentar:

Posting Komentar