Apa yang perlu dibersihkan saat Lebaran tiba?


Informasi terbaru Apa yang perlu dibersihkan saat Lebaran tiba? kami sediakan khusus untuk pembaca setia punyannyuh.blogspot.com, semoga informasi Apa yang perlu dibersihkan saat Lebaran tiba? memberikan pengetahuan lebih untuk kita semua.
Momen hari raya Idul Fitri seringkali digunakan untuk salingmengunjungi. Jadi, selain mempersiapkan penampilan, tak ada salahnyajuga mempercantik rumah untuk menyambut kedatangan tamu.

1. Halaman yang bersih; Halamanatau bagian depan rumah Anda adalah hal pertama yang diperhatikan paratamu. Jangan lupa rapihkan tanaman dan pastikan bagian depan rumah Andaterlihat bersih dan terawat. Buang tanaman-tanaman yang layu dan potongrumput halaman agar terlihat rapih.

2. Dekorasi Rumah; Tiraiatau taplak rumah Anda jangan sampai luput dari kegiatan bersih-bersih.Ganti tirai Anda dengan tirai yang bersih untuk membuat suasana rumahlebih cerah. Selain itu pastikan alas meja yang digunakan bersih darinoda. Usahakan menggunakan warna senada untuk kedua benda ini. Janganmenggunakan terlalu banyak warna taplak yang berbeda pada setiap mejadi rumah Anda. Gunakan saja warna-warna netral seperti putih atau krem.Pastikan alas meja tidak kusut dan sudah disetrika rapih.

3. Bersihkan toples; Kuekering yang cantik akan semakin menarik jika diletakkan dalam toplesyang bersih. Untuk kue-kue yang mudah hancur jangan lupa siapkan tissueatau piring kecil di sebelahnya agar tamu-tamu lebih nyaman ketikamencicipi.

4. Kamar Tamu; Tak jarang kitakedatangan tamu dari luar kota yang menginap. Karena itu kamar tamuatau tempat menginap tamu jangan sampai luput dari daftarbersih-bersih. Ganti seprei kamar tamu dengan seprei baru. Bersihkanruangan tersebut secara menyeluruh dan terakhir semprotkan pewangiruangan.

5. Angkat Debu Karpet & Sofa; Karpetyang penuh debu hanya akan membuat tamu-tamu Anda tak nyaman. Apalagisofa yang kotor dan banyak terkena noda. Bersihkan debu karpet denganalat penyedot debu dan jemur sebentar karpet di bawah sinar matahariuntuk menghilangkan serangga-serangga kecil yang menganggu. Untuk sofa,jika tidak sempat memanggil tukang pembersih sofa, maka bersihkanseperlunya dengan lap lembab. Jika banyak noda yang tidak bisa hilang,tutupi sofa dengan kain cantik bernuansa etnik.

6. Bersihkan alat-alat makan; Seringkalikita menjamu tamu pada saat lebaran. Pastikan piring, gelas, sendok,garpu semua telah mengilap bersih. Sempatkan waktu untuk melap koleksipiring makan dan piring saji Anda agar terlihat bersih. Jangan sampaipara tamu masih merasakan debu pada piring makan Anda yang sudah lamatersimpan di lemari. Jika masih banyak waktu, tak ada salahnya rendampiring-piring tersebut dalam air lalu lap bersih.

7. Debu-debu Dimana-mana; Inspeksikembali seluruh ruangan rumah Anda. Pastikan debu-debu di atas kulkas,televisi, lemari, komputer, dan kasa-kasa jendela sudah tersapu bersih.

8. Jaga Kebersihan; Walaupunpembantu sedang tidak ada, bukan berarti lantai absen dari pel dansapu. Pastikan Anda tetap membersihkan lantai setiap hari. Apalagi jikatamu Anda nanti akan membuka alas kaki ketika masuk ke rumah. Pastikanlantai sudah dalam keadaan bersih. Untuk tetap menjaga kebersihanruangan, jangan lupa sediakan tempat sampah yang cukup terlihat padabeberapa tempat strategis.

9. Siapkan layout ruangan; Menerimatamu apalagi dalam jumlah besar seringkali memerlukan penataan yangberbeda di dalam rumah. Atur kursi-kursi dan meja sehingga para tamubisa nyaman bergerak. Letakkan beberapa meja kecil untuk kudapan yangbisa diisi dengan kue-kue kering atau permen. Perkirakan jumlah tamuyang datang berbarengan, jika jumlah kursi tidak mencukupi, siapkansetting ruangan dengan gaya lesehan.

10. Bunga dan Pengharum Ruangan; Meletakkanbunga segar dalam ruangan akan membuat rumah Anda lebih wangi danmenyegarkan. Pilih bunga-bunga yang menyebarkan harum menyenangkanseperti sedap malam, anyelir, krisan, aster, atau letakkan melati dalamjumlah banyak dalam satu mangkuk cantik. Jika tidak sempat membelibunga, Anda bisa menyemprotkan pengharum untuk menyegarkan ruangan.[pf/wol]
Tinggalkan komentar anda tentang Apa yang perlu dibersihkan saat Lebaran tiba? jika anda suka dengan artikel yang kami suguhkan.

0 komentar:

Posting Komentar