Negara-negara termiskin di Dunia


Informasi terbaru Negara-negara termiskin di Dunia kami sediakan khusus untuk pembaca setia punyannyuh.blogspot.com, semoga informasi Negara-negara termiskin di Dunia memberikan pengetahuan lebih untuk kita semua.
Kemiskinan rupanya masih menjadi persoalan besar di seluruh dunia, terutama di kawasan Asia selatan dan Afrika.  Ituterungkap dari publikasi majalah bisnis terkemuka AS, Global Financeyang merilis data terbaru daftar negara kaya dan miskin di dunia. Majalahini menampilkan 182 negara di seluruh dunia dari yang paling kayahingga paling miskin. Jika negara paling kaya dipegang oleh Qatar,sedangkan posisi termiskin dipegang oleh Republik Kongo. Kawasan paling miskin di dunia terbanyak terjadi di benua Afrika,benua yang kerap mengalami bencana kelaparan, serta sering menghadapikonflik berkepanjangan, baik berupa pemberontakan dan perang saudara.  Sebuah studi dari World Institute di United Nations University melaporkan njomplangnyakondisi Afrika dibandingkan belahan bumi lainnya. Sebanyak 1 persenorang terkaya dunia menguasai 40 persen aset global, bahkan 10 persenorang terkaya dunia menguasai 85 persen aset dunia.

Sebaliknya,Bank Dunia mencatat pada 2008 sebanyak 1,4 miliar orang hidup denganUS$1,25 per hari. Itu mencakup hampir 15 persen dari populasi duniaatau hampir 1 miliar orang. Meski begitu, sejak 2001 sebanyak 192negara anggota PBB mulai mengikuti program "Millennium DevelopmentGoal" dengan tujuan memberantas kemiskinan ekstrim dan kelaparan. Metode yang digunakan untuk menentukan kekayaan negara adalahmembandingkan standar hidup penduduk satu negara secara keseluruhdengan menggunakan produk domestik bruto (PDB) per kapita yangdidasarkan pada paritas atau keseimbangan daya beli secarainternasional. Ini mengukur standar hidup antar negara dengan menggunakan indikatorbiaya hidup relatif, inflasi, serta nilai tukar suatu negara yangdikonversi ke mata uang bersama (dolar internasional atau dolar AS).

Jika kemarin kami tampilkan profil daftar negara paling kaya di dunia, berikut ini daftar negara paling miskin di dunia.
1. Republik Kongo
Tentara pemberontak Kongo 
Menempati posisi nomor satu paling miskin di dunia, produk domestikbruto (PDB) per kapita penduduk Kongo sebesar US$342 atau Rp3 juta pertahun. Tingkat PDB Kongo sebesar US$10,7 miliar pada 2008 denganmengandalkan perekonomian pada sektor pertanian, seperti kopi produkkayu, serta sumber alam seperti permata, emas dan minyak. Terletak di benua Afrika, Kongo memiliki wilayah 342 ribu kilometerpersegi dengan jumlah penduduk hanya 3,7 juta jiwa. Jumlah pendudukhidup dalam kemiskinan sebanyak 74 persen dengan usia harapan hidup 55tahun. 

2. Zimbabwe
Seorang pria di Kota Harare, Zimbabwe, menjemur sejumlah uang dolar 
Zimbabwe merupakan negara paling miskin kedua di dunia. Tingkat PDB perkapita penduduk Zimbabwe sebesar US$365 atau Rp3,28 juta per tahun.Perekonomian negara di benua Afrika ini mengandalkan pertanian sepertikapas, tembakau dan pertambangan seperti emas dan platinum, sertaindustri tekstil. Perekonomian Zimbabwe juga sering kacau balau. Bayangkan, Zimbabwemerupakan satu negara dengan catatan rekor inflasi tertinggi di dunia,bahkan pernah mencapai 11,2 juta persen pada Agustus 2008. Zimbabwejuga dikenal sebagai negara yang pernah mengeluarkan pecahan mata uangterbesar di dunia, yakni 100 miliar dolar Zimbabwe.

3. Burundi
pengungsi di Burundi 
Burundi menempati urutan ketiga sebagai negara paling miskin di duniayang berlokasi di Afrika. PDB per kapita warga Burundi sebesar US$410atau Rp3,69 juta per tahun. PDB negara ini hanya US$1,1 miliar pada2008 dengan cadangan devisa cuma US$322 juta. Dengan total luas 27 ribukilometer persegi, jumlah populasi Burundi mencapai 8,1 juta jiwa. Darijumlah itu, sebanyak 93,4 persen penduduk hidup dalam kondisi miskin.Usia harapan hidup hanya 49 tahun.

4. Liberia
Pengungsi di Liberia 
Liberia menempati posisi keempat sebagai negara termiskin di duniadengan PDB per kapita sebesar US$434 atau Rp3,9 juta per tahun. TotalPDB negara ini sebesar US$870 juta dan mengandalkan sebagian besarpendapatan pada sektor pertanian, seperti karet, kopi dan coklat. Meskiluasnya 111 ribu kilometer persegi di benua Afrika, jumlah pendudukLiberia cuma 4,13 juta jiwa. Sebagian besar atau 94,8 persen juga hidupdalam kemiskinan.

5. Eritria
Penduduk di Eritria 
Terletak di Afrika Timur, Eritria merupakan negara paling miskin kelimadi dunia. Tingkat PDB per kapita sebesar US$676 atau Rp6 juta pertahun. Perekonomian Eritria mengandalkan pada sektor pertanian, sepertitembakau, kapas, sorgum dan ternak, serta sektor industri sepertitekstil, semen dan pangan. Total PDB Eritria sebesar US$1,6 miliar pada2008. Luas wilayah Eritria sebesar 117 kilometer persegi dengan jumlahpenduduk hanya 4,9 juta jiwa. [global finance/vn]
Tinggalkan komentar anda tentang Negara-negara termiskin di Dunia jika anda suka dengan artikel yang kami suguhkan.

0 komentar:

Posting Komentar