Perempuan Lebih Sering Merasa Nyeri Dibanding Pria


Informasi terbaru Perempuan Lebih Sering Merasa Nyeri Dibanding Pria kami sediakan khusus untuk pembaca setia punyannyuh.blogspot.com, semoga informasi Perempuan Lebih Sering Merasa Nyeri Dibanding Pria memberikan pengetahuan lebih untuk kita semua.
Meski sama-sama bisa terserang sakit kepala, perempuan mengalaminyalebih sering dan berlangsung lebih lama dibandingkan laki-laki. Hal iniberlaku juga untuk nyeri kronis yang lain, misalnya pada nyeri sendidan fibromyalgia (nyeri pada hampir seluruh tubuh).  Perempuanmengalami nyeri kronis di semua bagian tubuh 50 persen lebih seringdibandingkan pria. Migrain yang menyerang satu sisi kepala dialamiperempuan 2,5 kali lebih sering dibandingkan laki-laki. Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian di Atlanta Center for Behavioral Medicine. Dikutip dari Sciencedaily temuan ini telah dipresentasikan dalam American Psychological Association di San Diego. Penelitimenduga, faktor hormonal turut mempengaruhi perbedaan nyeri yangdirasakan laki-laki dan perempuan. Selain karena perbedaan ini mulaiteramati saat memasuki pubertas, beberapa jenis nyeri memangberhubungan dengan hormon misalnya esterogen yang dapat mempengaruhimigrain.

Nyeri kronis merupakan nyeri yang berlangsung selama6 bulan atau lebih jika tidak diobati. Beberapa penyakit yang disertaigejala ini antara lain fibromyalgia, rhematoid arthritis (radangsendi), sindrom iritasi usus dan migrain. Perbedaan hormonalantara pria dan perempuan diduga juga mempengaruhi respons terhadaprasa nyeri. Jika nyeri pada laki-laki lebih banyak direspons secarafisik, pada perempuan nyeri bisa mempengaruhi emosi dan suasana hati (mood). "Perempuanyang terfokus pada aspek emosional dari nyeri cenderung merasakan sakityang lebih intens, sebab pada umumnya emosi yang berhubungan dengannyeri selalu negatif," ungkap Dr Jenifer Kelly, seorang psikolog yangterlibat dalam penelitian tersebut.  Karena itu, selainmenyarankan untuk mengembangkan terapi yang berbeda untuk mengatasinyeri pada perempuan, Dr Kelly juga menekankan adanya pendekatanpsikologis. Misalnya dengan memberikan teknik relaksasi serta dukungan psikologis pada pasien perempuan. [aup/dh]
Tinggalkan komentar anda tentang Perempuan Lebih Sering Merasa Nyeri Dibanding Pria jika anda suka dengan artikel yang kami suguhkan.

0 komentar:

Posting Komentar